Tugas PKN: Capacity Building




Capacity Building apa yang diterapkan pihak Pemerintah pada saat ini? Apa hal tersebut sudah menunjukkan adanya keberhasilan? Jelaskan jawaban anda dengan argumentasi yang rasional...?

sejak didaulat sebagai Presiden, Jokowi mengenalkan sebuah gerakan yang bernama Revolusi Mental, sebuah upaya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dalam menghadapi tantangan zaman di era digital. Beberapa langkah dilakukan seperti: meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar” melalui wajib belajar 12 tahun bebas pungutan; Meningkatkan layanan kesehatan masyarakat dengan menginisiasi kartu “Indonesia Sehat"; menyediakan sistem perlindungan sosial bidang kesehatan yang inklusif.

Data Apbn 2017 menyebut anggaran meningkat signifikan di era pemerintahan Jokowi (paska menggeser anggaran subsidi). Jika pada tahun 2014 rasionya hanya 3,3 persen dari total APBN , pada 2017 mencapai 5 persen atau setara Rp104 triliun. Begitu juga anggara pendidikan yang bertahan padarasio 20 persen dari total APBN atau setara Rp416,1 triliun.


Apa hal tersebut sudah menunjukkan adanya keberhasilan?

Tentu masih jauh dari berhasil. Dalam konteks profesionalisme dan integritas, meskipun Indeks Persepsi Korupsi (CPI) Indonesia mengalami peningkatan sebesar satu poin pada 2016, hal itu tetap menunjukan tren peningkatan yang lambat. Belum lagi jika merujuk urutan Indonesia yang berposisi 90 dari 176 negara. Reformasi birokrasi masih perlu dilakukan terus menerus. Sementara investasi pemerintah dengan meningkatkan anggaran kesehatan pendidikan baru akan terlihat hasilnya 5-10 tahun kedepan. Upaya lebih serius mesti dilakukan agar kemajuan SDM dapat terliat.


Komentar

Artikel Populer

Tugas Reading: Pearl Buck

Latihan Reading: Membedakan Main Idea dan Topic

Tugas Reading II: Baseball and Jazz

Latihan dan Tugas I - Tugas Akhir Program TAP (BING4500) Sastra Inggris

Latihan Reading: Immigration

Tugas II: Manajemen Operasi (EKMA4215)

Latihan Reading: Famous Architect

Latihan Reading: The Healing Power of Maggots