Latihan PKN: Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional Dalam Kehidupan





1. Apa makna pentingnya pendidikan/belajar Wawasan Nusantara bagi Ketahanan Nasional?

2. Bagaimanakah hubungan Media sosial (prostitusi online, jual narkoba online dengan ketahanan nasional) silahkan share pendapatnya anda.

3. Bagaimana cara anda dalam menerapkan atau mengaplikasikan ketahanan nasional dalam kehidupan, sikap & perilaku/perbuatan sehari-hari.




1. Wawasan nusantara dapat didefinisikan sebagai kesdaran dan cara pandang serta sikap bangsa Indonesia mengenai jati diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kemampuan memahami kewilayahan yang sangat luas mencapai ± 1,9 juta km daratan dan luas perairan 2/3 dari seluruh wilayah. Belum lagi mengingat jumlah pulau yang sangat banyak mencapai sekitar 17.508 buah pulau besar dan kecil. Karenanya penting menyadari kompleksitas ke-Indonesiaan dalam rangka mencapai cita-cita kemerdekaan. Sementara ketahanan Nasional dapat dimaknai sebagai suatu kondisi yang dinamis pada suatu bangsa, yang berisi tentang keuletan dan ketangguhan untuk menetapkan atau membuat kekuatan nasional guna menghadapi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam. Dari dua hal tersebut dapat kita katakan bahwa suatu kesadaran akan kondisi geografi dan keragaman budaya amatlah penting dalam rangka tetap menjaga keutuhan NKRI. Menyadari bahwa Indonesia bukanlah sebuah kontinen yang homogen dapat membangkitkan kesadara kita dalam bersikap dan menumbuhkan kepedulian atas saudara kita yang terpisah lautan. Dengan begitu hasrat dan cita-cita untuk maju bersama dapat terus terwujud.


2. Bagaimanakah hubungan Media sosial (prostitusi online, jual narkoba online dengan ketahanan nasional) silahkan share pendapatnya anda. Prostitusi online dan perdagangan narkoba secara online bukan hanya sebuah hambatan tapi juga ancaman yang nyata bagi eksistensi NKRI. Prostitusi merusak apa yang kita yakini sebagai moralitas bersama dimana prinsip Ketuhanan menjadi pegangan utama. Bahwa manusia memiliki otoritas terhadap tubuhnya adalah benar. Namun menjual tubuh demi motif ekonomi adalah suatu perbuatan yang diluar keyakinan moral bersama. Bahwa hasrat seksual mesti dikendalikan, selain berisiko pada munculnya penyakit menular juga menimbulkan konflik horisontal antar anggota masyarakat. Hal serupa juga berlaku bagi perdagangan narkoba, yang dapat membunuh kesehatan mental dan fisik generasi penerus bangsa. Karenanya pemerintah mesti melakukan pengawasan dan tindakan akan perkembangan dunia digital. Kepolisian lebih masif dalam melakukan patroli siber guna menyisir segala ancaman yang berbahaya bagi kelangsungan kestablian nasional. Sementara pemerintah menggencarkan kerjasama dengan penyedia jasa sosial media untuk mecekal segala konten yang berisiko bagi ketahanan nasional.



3. Bagaimana cara anda dalam menerapkan atau mengaplikasikan ketahanan nasional dalam kehidupan, sikap & perilaku/perbuatan sehari-hari. -Terlibat aktif dalam usaha memajukan demokratisasi di Indonesia. Semisal ikut mensukseskan pemilu; dengan tetap menyaring dan menyeleksi secara seksama tiap calon sesuai keyakinan. -Menjunjung tinggi prinsip musyawarah dalam setiap permasalahan dengan menaruh dibelakang egoisme pribadi. -Menerima bahwa Indonesia beragam dengan menghormati keyakinan berbeda teman/anggota masyarakat.

Komentar

Artikel Populer

Tugas Reading: Pearl Buck

Latihan Reading: Membedakan Main Idea dan Topic

Tugas Reading II: Baseball and Jazz

Latihan dan Tugas I - Tugas Akhir Program TAP (BING4500) Sastra Inggris

Latihan Reading: Immigration

Tugas II: Manajemen Operasi (EKMA4215)

Latihan Reading: Famous Architect

Latihan Reading: The Healing Power of Maggots