IBD: Perbedaan Pluralisme dan Multikulturalisme



Orang sering kali mencampuradukkan bahkan menyamakan konsep pluralisme dan multikulturalisme. Coba uraikan apa perbedaan kedua konsep tersebut!???



Istilah multikulturalisme berasal dari dua kata, multi (banyak/beragam) dan kultural (budaya atau kebudayaan), yang secara etimologi berarti keberagaman budaya. Gagasan tentang multikulturalisme mengutamakan adanya persatuan dari berbagai kelompok kebudayaan yang beragam demi mencapai tujuan bersama.


Sementara pluralisme adalah suatu pandangan hidup yang menerapkan prinsip rasa saling menghormati dan toleransi dalam suatu komunitas masyarakat yang beragam.


Perbedaan utama dari keduanya adalah jika multikulturalisme kehidupan bersama dari masyarakat yang memiliki kultur beragam dapat terus dijalani dengan tetap mempertahankan keaslian kebudayaan masing-masing. Bahwa tiap-tiap kebudayaan sama dan sederajat, tidak ada yang lebih tinggi atau rendah. Namun, biarlah masing-masing hidup dan berkembang pada koridornya. Sementara dalam pluralisme menekankan adanya kompromi terus menerus akan perbedaan-perbedaan yang ada sampai kepada pengaburan identitas untuk menciptakan nilai yang diakui bersama.

Komentar

  1. Kalo gitu intinya berarti pluralisme dan multikulturalisme itu berbeda ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Artikel Populer

Tugas Reading: Pearl Buck

Latihan Reading: Membedakan Main Idea dan Topic

Tugas Reading II: Baseball and Jazz

Latihan dan Tugas I - Tugas Akhir Program TAP (BING4500) Sastra Inggris

Latihan Reading: Immigration

Tugas II: Manajemen Operasi (EKMA4215)

Latihan Reading: Famous Architect

Latihan Reading: The Healing Power of Maggots