Latihan PKN: Polstranas dan GBHN





1.  Apakah polstranas yang dimiliki pemerintah RI saat ini sudah mengakomodasi reformasi administrasi pemerintahan dan menerapkan prinsip-prinsip good governance ?

2. Apakah perlu GBHN di berlakukan lagi untuk dijadikan pedoman dalam pembangunan negara kita atau tidak perlu karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman"..?




1. Polstranas yang di miliki oleh pemerintahan Indonesia saat ini sebenarnya belum bisa di katakan berhasil, tapi juga tidak bisa di katakan tidak berhasil. karena ada beberapa yang sudah baik secara birokrasi tapi masih juga banyak instansi instansi yang belum menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik. hal ini dapat tercermin dengan adanya beberapa praktek yang kurang sehat di beberapa instansi seperti pungli, korupsi, perlakuan tang tidak sama dan lain sebagainya.


2. Saat ini GBHN sudah tidak perlu dimunculkan lagi karena ketatanegaraan kita telah berubah dan ini potensi menimbulkan polemik baru dalam ketatanegaraan. GBHN merupakan wujud poltranas dan produk MPR yang saat lalu sebagai lembaga tertinggi negara yang menugaskan presiden sebagai mandataris MPR untuk melaksanakan dan menjabarkan GBHN. Namun saat era reformasi yang ingin memperkuat presidensil, kini MPR berubah menjadi lembaga tinggi negara yang sejajar dengan Presiden , DPR, DPD, BPK, MA dan MK. Maka kemunculan GBHN tidak relevan secara ketatanegaraan, kecuali kita akan merombak total dan pasti akan menimbulkan polemik baru. Poltranas kita saat ini dengan ditandai dengan munculnya UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dinilai sudah cukup mengakomodir kepentingan negara dan partisipasi publik. GBHN mempunyai wajah baru dengan mekanisme yang berbeda yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang, jadi inilah rel pembangunan negara kedepan.

Komentar

Artikel Populer

Tugas Reading: Pearl Buck

Latihan Reading: Membedakan Main Idea dan Topic

Tugas Reading II: Baseball and Jazz

Latihan dan Tugas I - Tugas Akhir Program TAP (BING4500) Sastra Inggris

Latihan Reading: Immigration

Tugas II: Manajemen Operasi (EKMA4215)

Latihan Reading: Famous Architect

Latihan Reading: The Healing Power of Maggots