Latihan PKN: Demokrasi



Demokrasi menjadi sebuah alat dalam meyampaikan suatu pendapat baik secara pribadi maupun kelompok dan demokrasi tersebut bukan hanya dalam pemilu saja bisa juga pada penyampaian aspirasi lainnya. Namun akhir akhir ini, pelaksanaan demokrasi (aspirasi) seolah-olah sudah tidak mengindahkan makna dari demokrasi tersebut, bahkan cenderung memaksakan kehendak, contoh dalam demokrasi tersebut diwarnai dengan hal-hal yang dapat merugikan pihak lain, misalnya pengrusakan/kriminal dan lain sebagainya.

Bagaimana pandangan saudara tentang Demokrasi di Indonesia terkait dengan beberapa peristiwa yang terjadi dalam penyampaian aspirasi dimana seringkali diakhiri dengan pengrusakan/kriminal/ bentrokan dan lain sebagainya? Silahkan anda kemukakan pendapat saudara....??


Pada masa ini peran partai politik kembali menonjol, sehingga iklim demokrasi memperoleh warna baru, jika esensi demokrasi adalah kekuasaan di tangan rakyat, maka praktik demokrasi tatkala pemilu memang demikian, namun dalam pelaksanaanya setelah pemilu banyak kebijakan tidak mendasar pada kepentingan rakyat, melainkan lebih kearah pembagian kekuasaan antara presiden dan partai politik dalam DPR. Dengan perkataan lain model demokrasi dewasa ini, kurang mendasarkan pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia dan pada akhirnya menimbulkan kekecewaan pada pihak / kelompok tertentu yang merasa aspirasinya tidak tersalurkan. Hasil dari kekecewaan itu akan timbul pengrusakan, kriminal dan bentrokan yang menggunakan kekuatan fisik. Kesadaran berbangsa dan bernegara masih perlu dibina dan dikembangkan dalam kebhinekaan.

Komentar

Artikel Populer

Tugas Reading: Pearl Buck

Latihan Reading: Membedakan Main Idea dan Topic

Tugas Reading II: Baseball and Jazz

Latihan dan Tugas I - Tugas Akhir Program TAP (BING4500) Sastra Inggris

Latihan Reading: Immigration

Tugas II: Manajemen Operasi (EKMA4215)

Latihan Reading: Famous Architect

Latihan Reading: The Healing Power of Maggots