Latihan ISBD: Percaya Diri Dalam Konsep H. Cooley




Mengapa orang yang pandai/cerdas memiliki kecenderungan percaya diri yang besar. Gunakan konsep proses pembentukan diri dari Charles H. Cooley!??


Menurut Charles H. Cooley kepribadian seseorang berkembang sesuai dengan lingkunganannya. Konsep ini juga dikenal sebagai Looking-glass Self atau cermin diri. Ketika seseorang memiliki kecerdasan atau kepandaian yang diatas kebanyakan akan muncul rasa percaya diri pada orang tersebut. Hal ini disebabkan oleh proses cermin diri sebagaimana konsep Cooley. Polanya sebagai berikut:



1. Kita membayangkan bagaimana kita di mata orang lain

Seorang anak merasa dirinya sebagai anak yang paling hebat dan yang paling pintar karena sang anak memiliki prestasi di kelas dan selalu menang di berbagai lomba.

2. Kita membayangkan bagaimana orang lain menilai kita

Dengan pandangan bahwa si anak adalah anak yang hebat, sang anak membayangkan pandangan orang lain terhadapnya. Ia merasa orang lain selalu memuji dia, selalu percaya pada tindakannya. Perasaan ini bisa muncul dari perlakuan orang terhadap dirinya. Bagaimana lingkungannya memperlakukan dirinya.

3. Bagaimana perasaan kita sebagai akibat dari penilaian tersebut
Dengan adanya penilaian bahwa sang anak adalah anak yang hebat, timbul perasaan bangga dan penuh percaya diri.

Ketiga tahapan di atas berkaitan erat dengan teori labeling, dimana seseorang akan berusaha memainkan peran sosial sesuai dengan apa penilaian orang terhadapnya. Jika seorang anak dicap "nakal", maka ada kemungkinan ia akan memainkan peran sebagai "anak nakal" sesuai dengan penilaian orang terhadapnya, walaupun penilaian itu belum tentu kebenarannya. Begitupula sebaliknya.

Komentar

Artikel Populer

Tugas Reading: Pearl Buck

Latihan Reading: Membedakan Main Idea dan Topic

Tugas Reading II: Baseball and Jazz

Latihan dan Tugas I - Tugas Akhir Program TAP (BING4500) Sastra Inggris

Latihan Reading: Immigration

Tugas II: Manajemen Operasi (EKMA4215)

Latihan Reading: Famous Architect

Latihan Reading: The Healing Power of Maggots