Latihan Tugas Agama Islam UT Hakikat Manusia

Latihan Hakikat Manusia
Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam
MKDU4221






Apa sebetulnya hakikat manusia?


Hakikat manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang memiliki unsur-unsur seperti jasmani, hayat, roh dan nafsu. Manusia merupakan mahluk yang memiliki kedudukan paling mulia dibanding mahluk lainnya, yang diciptakan dalam bentuk sebaik-baiknya. Kesempurnaan tersebut tidak hanya ditunjukan dalam bentuk fisik namun juga akal dan pikiran. Dengan kemampuan berfikir manusia mampu menafsir dan memecahkan berbagai persoalaan di dunia dengan petunjuk dari Allah SWT. Dengan demikian manusia dapat memenuhi kewajibannya yang paling hakiki yaitu menyembah dan menuruti segala perintah Allah SWT.

Bagaimana martabat manusia?


Allah SWT menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan merupakan yang paling sempurna dibanding mahluk ciptaan Allah SWT lainnya. Hal yang paling penting sehingga derajat manusia ditinggikan oleh-Nya adalah karena Allah memberikan manusia sebuah kemewahan berupa akal. Hal tersebut membantu manusia untuk memperhatikan dan menelaah dengan seksama segala peristiwa yang ada di bumi dan langit. Betapa banyak tanda-tanda keagungan Allah yang dapat menambah rasa takjub dan iman kepada-Nya.

Bagaimana tanggung jawab manusia?


Manusia dipilih Allah SWT sebagai khalifah di muka bumi. Dengan demikian, manusia berkewajiban menjalankan segala perintah Allah SWT dalam berkehidupan di dunia ini. Namun demikian bukan berarti kita melepaskan diri sepenuhnya dari tanggung jawab tersebut dan berbuat sesuka hati karena merasa bahwa segala perbuatan mestilah atas se-izin Allah SWT dan telah ditentukan. Bagaimanapun kita juga mengenal istilah qada dan qadar. Artinya tiap perbuatan mestilah ada balasannya. Manusia sebagai pengelola bumi haruslah bertanggung jawab dan tetap berpegang pada petunjuk baik Al-Qur'an dan Al-Hadist.
"Pengetahuan adalah modalku, akal sehat adalah basis beragamaku, Iman sebagai fondasiku, keinginan luhur adalah puncak perjalananku, keyakinan adalah hartaku, cita-cita adalah teman sejawatku, Ilmu adalah senjataku, sabar adalah perlindungan diriku, ketenangan hati adalah tubuhku, Kesederhanaan adalah respek pribadiku, meninggalkan sifat santai adalah profesiku, Sikap ramah adalah makananku, Kebenaran adalah pamungkasku, berjuang adalah tabiatku, kejujuran adalah bekalku, ketenangan batin adalah pengabdianku, dan shalat adalah hiburanku”




Download File Lengkap Tugas Ini>>> Unduh




Komentar

Artikel Populer

Tugas Reading: Pearl Buck

Latihan Reading: Membedakan Main Idea dan Topic

Tugas Reading II: Baseball and Jazz

Latihan dan Tugas I - Tugas Akhir Program TAP (BING4500) Sastra Inggris

Latihan Reading: Immigration

Tugas II: Manajemen Operasi (EKMA4215)

Latihan Reading: Famous Architect

Latihan Reading: The Healing Power of Maggots